Thursday, June 24, 2010

20 NEGARA PENGHUTANG TERBESAR









Hutang luar negeri adalah kewajiban setiap negara terhadap pihak asing, baik pokok maupun bunga oleh pemerintah dan institusi lainnya. Jumlah itu tak hanya termasuk hutang pemerintah, tetapi juga hutang yang dimiliki oleh swasta dan individu terhadap pengkredit luar negeri.

Nah, bagaimana imbas krisis keewangan global, terhadap posisi hutang negara yang paling terkena impak krisis, Amerika Serikat terhadap negara lainnya?

Indicator yang biasa digunakan untuk membandingkan beban hutang adalah jumlah hutang terhadap produk domestik bruto (PDB). Ini untuk menunjukkan seberapa besar kemampuan suatu negara untuk membayar kembali hutang mereka.

Jika dilihat dari total hutangnya, Amerika Serikat memang merupakan negara dengan nilai hutang terbesar di dunia, yakni sebesar US$ 13,67 trilion. Namun, jika ditengok dari kadar hutang terhadap PDB, Ireland adalah negara dengan beban hutang terbesar dibandingkan kemampuannya untuk membayar, yakni 1.352 persen. Jauh lebih besar pasak daripada tiang.

Laporan ini, mengacu pada data Bank Dunia tentang 75 negara dengan kemampuan ekonomi terbesar yang memiliki beban hutang tinggi dibandingkan kadar PDB. Laporan yang dimuat majalah Forbes lalu membandingkan 20 Negara Pengutang Terbesar di Dunia :

1.Ireland
Kadar hutang (% PDB): 1.352%
Hutang luar negeri: $2,39 bilion (2009 Q3)
2009 GDP : $177,3 bilion

2.England
Kadar Hutang (% PDB): 427,6%
Hutang luar negeri $9,26 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $2,17 trilion

3.Belanda
Kadar Hutang (% PDB): 395,6%
Hutang luar negeri: $2,58 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $652 bilion

4.Swiszerland
Kadar Hutang (% PDB): 390%
Hutang luar negeri: $1,23 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $316,1 bilion

5.Belgium
Kadar Hutang (% PDB): 345,6%
Hutang luar negeri: $1,32 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $381,4 bilion

6.Denmark
Kadar Hutang (% PDB): 315,2%
Hutang luar negeri: $627,6 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $199,1 bilion

7.Sweden
Kadar Hutang (% PDB): 275%
Hutang luar negeri: $916,42 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $333,2 bilion

8.Austria
Kadar Hutang (% PDB): 268,9%
Hutang luar negeri: $869,13 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $323,2 bilion

9.Perancis
Kadar Hutang (% PDB): 247,2%
Hutang luar negeri: $5,22 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $2,11 trilion

10.Portugal
Kadar Hutang (% PDB): 231,5%
Hutang luar negeri: $538,1 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $232,4 bilion

11.Hong Kong
Kadar Hutang (% PDB): 218,8%
Hutang luar negeri: $659,27 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $301,3 bilion

12.Norway
Kadar Hutang (% PDB): 208,9%
Hutang luar negeri: $577,80 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $276,5 bilion

13.Finland
Kadar Hutang (% PDB): 205,7%
Hutang luar negeri: $376,8 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $183,1 bilion

14.Jerman
Kadar Hutang (% PDB): 189,4%
Hutang luar negeri: $5,33 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $2,81 trilion

15.Sepanyol
kadar Utang (% PDB): 184,7%
Hutang luar negeri: $2,53 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $1,37 trilion

16.Mesir
Kadar Hutang (% PDB): 175,3%
Hutang luar negeri : $594,60 bilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $339,2 bilion

17.Italy
Kadar Hutang (% PDB): 154,6%
Hutang luar negeri: $2,71 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $1,76 trilion

18.Hungary
Kadar Hutang (% PDB): 124,2%
Hutang luar negeri: $231,33 bilion (2009 Q2)
PDB 2009 (prediksi): $186,3 bilion

19.Australia
Kadar Hutang (% PDB): 108,8%
Hutang luar negeri: $891,26 bilion (2009 Q2)
PDB 2009 (prediksi): $819 bilion

20.Amerika Syarikat
Kadar Hutang (% PDB): 95,9%
Hutang luar negeri: $13,67 trilion (2009 Q3)
PDB 2009 (prediksi): $14,25 trilion


*negara pun dah berhutang...kita penduduk apatah lagi...hutang keliling pinggang....apa2 pun..klu pandai berhutang xpe....yg paling penting pandai bayar balik la juga kan?????

*yahudi gak menang coz hutang ngan dorang la....sepa yg pegang imf ngan World Bank???






Spread out Your Opinions

2 comments:

  1. "sepa yg pegang imf ngan World Bank???"
    maksud?

    ReplyDelete
  2. aq rsa ko dah tau.....hehe..dah ad klu kat atas ni

    ReplyDelete

friends